fbpx

Keutamaan sedekah jumat

Sedekah jumat

Sedekah adalah salah satu amalan mulia yang sangat dicintai Allah SWT. sebagaimana Allah SWT berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَا عَةٌ ۗ وَا لْكٰفِرُوْنَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim.”

jumat

Sedekah seorang Muslim

Sedekah dapat dilakukan oleh seorang Muslim baik secara terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi tergantung niat dari diri kita pribadi,Dalam Surah Al Hadid ayat 18 Allah SWT menegaskan bahwa siapapun hamba-Nya baik laki-laki maupun perempuan yang melakukan sedekah Jumat maka pahalanya akan berlipat ganda. sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اِنْ تُبْدُوا الصَّدَقٰتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۚ وَاِ نْ تُخْفُوْهَا وَ تُؤْتُوْهَا الْفُقَرَآءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۗ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِّنْ سَيِّاٰتِكُمْ ۗ وَا للّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

“Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Mahamengetahui apa yang kamu kerjakan.”

jumat

Sedekah Jumat Berkah

Sedekah Jumat Berkah memiliki banyak keutamaan dan keberkahan, hal ini antara lain dikarenakan sedekah hari Jumat merupakan sedekah yang menambahkan pahala. Pada hari Jumat Rasulullah SAW meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk sedekah, Dari Abu Hurairah RA, berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak.” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah.”

jumat

Demikian penjelasan mengenai keutamaan bersedekah di hari Jumat.

Semoga kita dapat mengamalkannya.

Satu Hati Sejuta Peduli
Baca artikel keislaman Lainnya Disini

Artikel Terkait :

Ramadhan: Bulan Untuk Menjadi Dermawan

Berkah Memberi Makan Orang Yang Berpuasa

5 Berkah Memberi Makan Orang Yang Berpuasa

Waktu Mustajab Berdoa

6 Waktu Mustajab untuk Berdoa

Leave a Comment